Corseting Your Bed: Supaya Sprei Terpasang Rapi

Hampir semua orang pernah (atau bahkan sering) melakukan pekerjaan ini: “Membereskan sprei kasur”. Kecuali kalau punya pembantu atau sedang menginap di hotel -dimana selalu ada orang yang membereskan kasur-.
Dan karna aku tidak mempunyai pembantu untuk membereskan kasurku setiap hari dan aku juga tidak menginap di hotel, jadi aku melakukannya sendiri.
Long….long time ago

Sebelum ayahku menurunkan rahasia briliannya, aku selalu menggunakan peniti untuk menahan kain sprei supaya bisa bertahan manis dan rapih melekat pada kasur. Karet ban pada setiap siku sprei kan tidak selalu berperan seoptimal saat masih baru dan karet itu tidak menjamin bahwa spreinya akan selalu rapih sih (berdasarkan pengalamanku loh ya…).
I tought it was brilliant when i used the pins. Awalnya ketika aku ngekost dulu, aku selalu mengunakan peniti untuk menahan sprei supaya tidak mudah bergeser dan awut-awutan.
Tapi sayangnya, peniti-peniti itu tidak cukup kuat menahan posisi sprei dan bahkan merusak sprei sampai robek. Peniti-peniti itu sendiri juga rusak (bengkok dengan berbagai gaya). So, they were belong to garbage. Buang! Tidak bisa dipakai lagi.
Bayangkan! Jika setiap memasang sprei membutuhkan 1 lusin peniti dengan harga 1000/lusin. Aku mengganti sprei 1 minggu sekali. Maka sebulan akan menghabiskan 4000, 10 bulan 40.000. 10 tahun? (Coba hitung deh berapa kira-kira yang kuhabiskan untuk membeli peniti). Belum lagi kerugianku atas sprei yang bolong.
Mungkin ide bisa dicoba pada kasur masing-masing supaya kita semua berhenti merusak sprei dan kita bisa berhemat sekaligus menghindari bahaya saat mencuci sprei (Aku memiliki beberapa pengalaman buruk ketika mencuci sprei. Karna aku kurang teliti melepas peniti, akhirnya peniti tersebut melukai tanganku saat mencuci). Dan yang tak kalah penting adalahide ayahku ini bisa menyelamatkan beberapa menit hidupku setiap pagi dari membetulkan posisi sprei :DReady?
Here We Go!!!!
  1. Yang aku butuhkan adalah 8 buah bola-bola kertas seukuran kelereng dan tali rapia sepanjang kurang lebih 12 meter. Ini amat sangat hemat, jauh lebih hemat dari membeli peniti berulang-ulang. Aku bisa memakainya terus menerus tanpa harus beli yang baru.1
  2. Pasang sprei pada kasur seperti biasa.2
  3. Bungkus bola dengan sprei lalu ikat menggunakan tali rapia. Tidak usah menggunakan tali-mati supaya tidak mengalami kesulitan saat membukanya dan tali masih bisa dipakai seterusnya sampai generasi keluarga yang ke-7. bed00003
  4. It’s time to corseting your bed! Bisa ikuti langkah-langkahku dengan melakukannya sesuai urutan nomor pada gambar. Gaya tali temali ini yang seperti tali korset, makanya aku menamainya “corseting your bed” hihi. FYI, itu merupakan hasil uji cobaku yang kesekian kali. Tapi terserah juga sih, jika punya gaya tali temali sendiri, barangkali ingin membuat semacam jaring laba-laba 🙂bed00004
  5. Tarraaa! Selesai! Fertig! Done! It’s over Finito! Bye-bye sprei acak-acakan setiap pagi!! bed00006
Image

Contoh lainnya. @dhenida’s bed

Pertanyaan dan pernyataan yang mungkin terlintas ketika membaca artikel ini:

  1. Ewh…memasang sprei sebegitu ribetnya? Coba bandingkan dengan membereskan sprei setiap kali awut-awutan setiap hari.
  2. Sepertinya memakan waktu yang tidak sebentar. Aku membutuhkan setidaknya 20 menit. Pada awalnya memang cukup lama, jika terbiasa maka keahlian dan kecepatan mengerjakannya bisa meningkat. Jadi, amat sangat disarankan melakukannya pada hari libur, misalnya weekend. Sebagai bonus: lumayan membakar kalori juga loh, aku sih selalu keringatan ketika melakukannya.

Pesanku: Gantilah sprei dan sarung bantal paling lama 1 minggu demi kebersihan.
Selamat mencoba 🙂

Key

3 thoughts on “Corseting Your Bed: Supaya Sprei Terpasang Rapi

Leave a Reply

