Wanita diciptakan dari tulang rusuk

Dari Abu Hurairah Radiallahu Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda:

“Nasehatilah wanita-wanita kalian dengan cara yang baik. sesungguhnya wanita itu diciptakan dari tulang rusuk, dan yang paling bengkok dari tulang rusuk adalah bagian atasnya. Apabila engkau paksa untuk meluruskannya, maka ia akan hancur. Dan apabila kamu membiarkannya maka ia akan bengkok selama-lamanya. Oleh karena itu nasehatilah mereka.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dalam salah satu riwayat yang terdapat dalam kitab Shohihain Hain dikatakan, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam bersabda:

“Wanita itu seperti tulang rusuk apalbila engkau memaksa untuk meluruskannya, engkau akan mematahkannya. Apabila engkau hanya bersenang-senang dengannya engkau akan merasakan kepuasan, tetapi tetap saja ia bengkok.

 

Dalam Hadist lain, Rasulullah bersabda:

“Wanita itu diciptakan dari tulang rusuk, dan tidak ada jalan bagimu untuk meluruskannya. Jika engkau bersenang-senang dengannya, tetapi tetap saja dia bengkok. Jika engkau paksa untuk meluruskannya, engkau hanya akan menghancurkannya. Dan hancurnya berarti perceraian.” (HR Muslim)

 

Rasulullah berwasiat kepada para suami untuk berbuat baik kepada (para) istrinya. Bahkan wasiat ini juga beliau wasiatkan ketika detik-detik terakhir hidupnya. Ini menunjukkan bahwa wasiat ini sangat penting dan harus dicamkan oleh semua pria untuk berlaku baik pada istri. Karena para istri adalah batu pondasi pertama untuk bisa dibangunkannya sebuah negara atau sebuah khilafah Islamiyah.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s