Komitmen Baru

Diminta dan bersedia menjadi seorang admin blog yang tujuannya untuk dakwah bagiku adalah lebih dari sekedar komitmen. Maksudku, bukan hanya komitmen kepada orang lain karena aku telah “meng-iyakan”-nya tapi juga sekaligus berkomitmen pada diri sendiri.

Ini sangat berarti besar bagiku. Aku adalah seorang yang sedikit ilmunya dan sedang haus akan ilmu. Yang membuatku percaya diri adalah karena aku tipikal orang yang mau belajar bahkan jika itu harus belajar dari nol sekalipun aku akan bersedia, karena di kamusku “tidak ada kata terlambat untuk belajar”.

Allah memberi masing-masing hidayah pada setiap makhluknya dengan waktu yang tidak sama. Begitu pula denganku. Sebagai contoh sedehana saja, adikku sudah memakai jilbab sejak ia masih kelas 4 SD sedangkan aku jaman SD itu sedang tomboy-tomboy-nya dengan potongan rambut mirip Andy Law sehingga teman sekelasku memanggilku Andy Law. Itu hanya sebagai contoh perbandingan usia dan waktu, kapan dan saat usia berapa antara aku dan adikku sudah mengerti bahwa menutup aurat adalah wajib bagi semua perempuan yang sudah baligh.

Menjadi seorang admin sekaligus kontributor blog dakwah juga merupakan tantangan besar bagiku. Aku pernah mengalami masa-masa sulit revisi skripsi karena ada kutipan yang belum jelas sumbernya. Akan tetapi membuat artikel keagamaan itu jauh lebih berat bebannya dari pada skripsi.

Harus jelas bahwa hadist yang jadikan rujukan adalah hadist yang shohih. Maka dari itu aku harus melihat kitab ini dan itu juga harus konsutasi dulu kepada ustadz, karena dikhawatirkan ada yang salah dengan tulisanku. Beliau mengatakan, jika aku menulis suatu artikel maka aku harus mencantumkan sumber atau rujukannya. Jika aku menulis tentang hadist, harus jelas keshohihan hadist-nya, siapa perawi-nya dan kalau bisa cantumkan nomor hadistnya.

Oleh karena itu, dibutuhkan seorang yang kompeten dalam membaca ulang tulisan-tulisanku, yang sekaligus bisa mengoreksi jika ada yang salah, yang memberikan masukan supaya tulisanku bisa lebih baik.

Kesulitan memang selalu ada. Aku yang belum sempat belajar bahasa Arab tidak jarang mengalami kesulitan dalam menuliskan suatu ayat atau hadist dalam tulisan Arab. Kalaupun bahasa Arab itu aku tulis dalam tulisan latin, aku kadang masih suka kurang yakin bahwa aku benar.

Tapi, sesuai dengan salah satu firman Allah bahwa di balik kesulitan pasti ada kemudahan. Ketidaktahuanku dan kemiskinanku akan ilmu tidak membuatku merasa minder, justru aku ingin mencari tahu dan alhamdulillah banyak orang yang bisa aku ajak untuk berkonsultasi.

Menulis artikel dakwah sekaligus membuatku banyak belajar, membuatku makin semakin ingin tahu banyak, ingin membaca berbagai buku yang syarat ilmu dan bahkan membuatku semakin bersemangat untuk bisa bahasa Arab.

Dengan berkomitmen mengurus sebuah blog dakwah membuatku harus menyisihkan setidaknya 2 jam untuk membaca buku, menulis artikel dan mempublikasikannya. Dua jam ekstra itu kudapat dari pengurangan waktu tidurku (karena sudah tidak bisa lagi mengambil jatah waktu dari aktivitasku yang lain) and I really don’t mind. I’ve spent about 2 hours for watching soccer when I was a soccer junkie. But it was my past and being nocturnal is doesn’t matter for me, hehe…

Menjadi seorang jurnalis adalah cita-citaku sejak SD, ketika SMA aku pernah menjadi ketua redaksi majalah sekolah yang merupakan pencapaian kecil ambisiku. Itu semua karena hobiku menbaca, menulis dan ingin berbagi informasi/pengetahuan yang aku miliki.

Alhamdulillah Allah memang tidak mengabulkan cita-citaku menjadi seorang jurnalis seperti Desi Anwar, tetapi Allah mengabulkanku menjadi seorang penulis, bukan seorang penulis fiksi yang berbagi tentang khayalannnya bersama orang lain.
Akan tetapi berbagi ilmu dengan landasan syar’i dan seilmiah mungkin. Insyaallah.

“Maka, nikmat Allah yang manakah yang kamu dustakan?”

Alhamdulillah, wallahul musta’an 🙂

Leave a Reply

