Dehidrasi dan Adab Minum

sunnah of drinking water jpg

sunnah of drinking water

Penyebab Dehidrasi

  • Kurang minum
  • Bernapas
  • Berkeringat
  • Berkemih (Kita bisa mengecek apakah kita kurang minum atau tidak dengan melihat warna urine kita, kalau berwarna kuning itu tandanya tubuh kurang asupan air)
  • Pencernaan makanan
  • Infeksi atau pencemaran racun, karena membuat tubuh berusaha membuang racun tersebut lewat urin.
  • Demam tinggi.
  • Penuaan.
  • Diare atau muntah
  • Obat-obatan atau peluruh kencing.
  • Kegemukan.
  • Kehamilan.
  • Kurang garam.
  • Kafein
  • Makanan olahan, cairan manis, dan tinggi garam.
  • Udara panas.
  • Stress.
  • Aktivitas tinggi.
  • Penyakit kronis seperti diabetes.
  • Mual.
  • Kulit kering
  • Berada di tempat dingin (ruangan ber AC atau ketika sedang berada di luar ruangan pada saat musim dingin)
  • dan lainnya

Tanda-tanda Dehidrasi

Kita pasti pernah atau sering berada dalam kondisi dehidrasi ringan, tapi kebanyakan dari kita tidak menyadari karena gejalanya yang tidak begitu terlihat jelas dan seringnya kita memang menganggapnya sebagai hal yang biasa aja.

Padahal tanda-tanda kecil ketika kita dehidrasi bisa terlihat mudah, seperti:

  • gampang emosi,
  • sakit kepala,
  • lamban bertindak,
  • lelah,
  • ada juga yang mengalamin kebingungan,
  • sulit fokus
  • bibir pecah-pecah, atau
  • tenggorokan dan mulut terasa kering.

Jadi jika memergoki teman sedang cemberut, bete, menyebalkan, uring-uringan tak jelas, lemot, susah diajak berfikir, dalam keadaan bingung sampai dia salah melakukan pekerjaan dan bahkan salah menyebutkan nama.vSodorkan padanya segelas air minum supaya dia lebih tenang. Trust me! It works.

Hal lain yang perlu diketahui lagi, bahwa kekurangan cairan 1% saja bisa membuat kita merasa haus. Dan itu seharusnya sudah cukup untuk dijadikan peringatan untuk meneguk seenggaknya segelas air putih. Jadi jangan biarkan presentasi dehidrasinya bertambah ya!! Karena itu bisa mempengaruhi performa fisik juga mental. Selain itu juga bisa mempengaruhi memori jangka pendek sekaligus daya konsentrasi.

Nah, untuk bekerja/beraktivitas di ruangan ber-AC!! Jangan sampai meremehkan dehidrasi ringan tersebut, karena bisa berdampak buruk terhadap produktivitas kerja. Suhu ruangan ber-AC membuat udara menjadi kering sekaligus membuat kita malas minum karena seringnya kita tidak merasa haus.

Jika merasa malas bolak balik mengisi gelas saat sibuk di kantor. Cobalah meminta tolong kepada OB/Cleaning Service untuk menyediakan air. Alangkah lebih baik jika kita memiliki pitcher pribadi untuk persediaan air, pitcher yang berkapasitas minimal 1 liter ya jangan yang 200ml, itu sih kayaknya percuma deh hehe. Taruh pitcher di meja kerja atau di tempat yang mudah terlihat!

Ilustrasi bagi yang dehidrasi

Kira-kira ilustrasi orang yang dehidrasi seperti ini:

  • Pukul 8.00 Kewaspadaan mulai menurun
  • Pukul 10.40 Mulai mengantuk
  • Pukul 14.00 Sudah muncul kondisi bingung
  • Pukul 14.30 Tampak loyo, tidak bertenaga, letih
  • Pukul 15.00 Konsentrasi melorot
  • Pukul 16.00 Muncul sikap sangat tidak menyenangkan alias mudah marah. Horor bukan?

Karena itu, ingatlah selalu untuk minum air setidaknya 2 (dua) liter dalam sehari. atau patokannya minimal 1liter/25kg berat badan. Misalnya berat badan 50kg, jadi jumlah minimal asupan air minum yang dibutuhkan adalah 2 liter dalam sehari.

Adab minum Rasulullah

Dan jangan lupa! Sebagai muslim kita mempunyai beberapa adab minum yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, antara lain:

  • Minumlah dengan posisi duduk (tidak berdiri apalagi sambil berjalan)
  • Minumlah dengan menggunakan tangan kanan.
  • Sebelum minum, lihat/periksa dulu airnya.
  • Bacalah Bismillah sebelum meminumnya.
  • Tidak bernafas dalam air minum dan meniup-niup air minum.
  • Minumlah dengan tiga kali nafas (bukan satu kali nafas minum air satu gelas sekaligus). Bernafas di luar gelas.
  • Tidak minum langsung dari ceret/tekonya.
  • Setelah selesai minum bacalah “Alhamdulillah”
  • Menutup kembali gelas minum.

Jadi, jagalah kesehatan dengan menjaga pasokan air yang cukup untuk tubuh sekaligus mengamalkan sunnahnya, Selain mendapat nikmat sehat, hidup pun bisa penuh berkah. InsyaAllah. Aamiin

(Sumber: Tabloid Gaya Hidup Sehat, Buku Kibulan Sehat Erikar Lebang, Majalah Kinan, Majalah Sakinah)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s