Semangka

semangka blog

Semangka merupakan buah yang selalu ada sepanjang tahun karena buah tropis ini telah dapat dibuahkan tanpa kenal musim. Di balik kesegaran warna merahnya terdapat potensi sebagai obat bagi kita.

Warna merah pada semangka menandakan tingginya kadar likopen, salah satu komponen karotenoid seperti halnya betakaroten. Karena itu, makan semangka merah lebih disarankan daripada semangka kuning.

Dibandingkan senyawa anti oksidan lainnya, khususnya vitamin C dan vitamin E, kekuatan likopen semangka dapat memerangi radikal jauh lebih ampuh. Setiap satu molekul likopen mampu menghabisi beberapa molekul radikal bebas sekaligus. Kerusakan sel akibat ulah radikal bebas ini dapat teramati secara fisik, seperti kulit kering, suram, kendur, dan berkurang kekenyalannya.

Jika rajin makan semangka likopennya akan melumpuhkan radikal bebas tersebut sebelum sempat beraksi. Bahkan likopen dibantu zat antioksidan lain dalam semangka, yakni betakaroten yang mampu menyegarkan kembali sel-sel layu yang sudah terlanjur dirusak oleh radikal bebas.

Abu Dawud dan Tirmidzi meriwayatkan bahwa Rasulullah biasa memakan semangka dengan kurma matang. Nabi bersabda, “Panas kurma menetralkan dinginnya semangka.” Banyak hadist yang menyinggung semangka, tapi tak satu pun yang shahih kecuali hadist di atas.

Semangka hijau bersifat dingin, basah dan manis. Semangka berkhasiat sebagai pembersih perut dan usus. Semangka lebih cepat dicerna daripada mentimun dan cepat bercampur dengan makanan lain yang ada di dalam perut. Semangka baik dimakan ketika udara panas, namun ketika udara dingin lebih baik memakannya dengan jahe untuk mengimbangi efek sampingnya.

Semangka sebaiknya dikonsumsi sebelum makan. Jika tidak, dapat menyebabkan rasa mual. Sebagian dokter mengatakan bahwa jika semangka dikonsumsi sebelum makan dapat membersihkan perut dan menghilangkan penyakit.

Manfaat mengkonsumsi semangka antara lain untuk:

  1. Memiliki wajah yang bercahaya
  2. Tubuh menjadi segar
  3. Awet muda
  4. Bagi lansia, membantu meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat
  5. Mampu menumpas bibit kanker
  6. Dapat menyusutkan resiko kanker mulut rahim
  7. Mnumpas kangker pancreas pada wanita beresiko tinggi yang sehari-harinya diet sarat kalori atau gula atau lemak tetapi miskin sayur dan buah
  8. Mencegah kanker rongga mulut
  9. Mencegah kanker kerongkongan
  10. Mencegah kanker lambung
  11. Mencegah kanker usus besar
  12. Mencegah kanker anus
  13. Menegah kanker prostat.
  14. Membantu penyembuhan gangguan sulit kencing (anyang-anyangan)
  15. Mencegah gangguan pada kandung kemih seperti kencing batu
  16. Membantu menurunkan demam

PS:

  • Tidak menambahkan pemanis makanan, misalnya gula pada buah. Dengan menambahkan gula, maka itu akan merusak kandungan gizi yang terdapat pada buah.
  • Mengkonsumsi semangka bisa dimakan langsung atau bisa pula dijus. Biasanya jika rasa semangka kurang manis, maka semagka tersebut kubuat jus saja. Dengan dijus maka akan terasa manisnya walau tanpa pemanis.

Yuk ah hidup sehat!!!! 🙂

jus semangka

Sumber:

  • Buku Back To Nature Terapi Buah (Siti Kholasah)
  • Buku Praktek Kedokteran Nabi Shallallahu Alaihi Wassalam (Ibnu Qayyim Al-Jauziyah)
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s