All About Twitter II : Jenis-jenis Orang di Twitterland

JENIS-JENIS ORANG DI TWITTER

Selama aktif di twitter 1 tahun terakhir ini, aku menyadari bahwa terdapat banyak tipe-tipe orang kutemui di lini masa twitter. Hal itu bisa dilihat dari gaya bahasa, tema yang ditwit dan berbagai macam kelakuan penggunanya.

  • Follow-Me-Back Account aka. Pengemis Twitter.

Mereka biasaya terobsesi dengan banyaknya followers. Kalau meminta folback karena ingin menyampaikan sesuatu lewat DM, ya bolehlah…! Tapi kalau minta folback karena ingin menambah jumlah follower, aku gak ngerti juga keuntungannya apa.

Biasanya kalau ada waktu, aku sengaja liat TL follower-ku yang baru, kalau isinya menarik dan bermanfaat biasanya aku follow walaupun ia tidak minta folback. Kita harus berhati-hati dalam urusan follow, salah follow bisa membuat TL-mu rusak dan mood-mu pun jadi rusak.

  • GPS holder aka. Pembawa GPS.

Ia adalah pengguna twitter yang selalu update status keberadaannya, senjata pamungkasnya biasanya Foursquare atau Path.

  • CelebTwit.

Selain followersnya banyakkk, biasanya rata-rata twitnya bisa mencapai 30 lebih twit per hari. Penasaran juga dengan tipe ini, apakah jempolnya selalu menempel di gadgetnya sepanjang hari bahkan selama ia tidur?

  • RT Mesengger.

Biasanya ia men-twit berbagai macam info. Yap, berbagai macam info, mau infonya penting atau tidak. Tidak jarang juga ia meng-RT sebuah link, bahkan mengomentari link tersebut tapi ia tidak membaca isi linknya, hanya membaca dari judulnya.

  • Expresive.

Ia merupakan jenis yang paling emosian dan meledak-ledak. Cukup ganggu juga sih, haha.

  • Galauer.

Isi twitnya kebanyakan galau, kebanyakan lho. Artinya tidak selalu, tapi seringnya galau. Muahaha..

Saran: lebih baik tulisan kegalauannya dicurahkan di diary atau blog. Kalaupun mau ada yang baca, muat aja link dan judulnya di twitter. Siapa pun yang mau baca kan tinggal buka link-nya. 🙂

  • Spamers.

Aku menyebut ini untuk pengguna yang setiap saat meng-update status yang bisa dibilang tidak penting dan jarak twit ke twit biasanya singkat (bisa jadi hanya beda menit), contoh: ia berada sedang berada di mana, dengan siapa, sedang berbuat apa, dll.

  • Kepo Sukepo.

Beda dengan Spamers, tipe ini mungkin jarang banget nge-twit. Tapi biasanya dia online di twitter hanya untuk baca-baca TL pengguna twitter lain. Bisa disebut juga stalker, dan tipe ini gak ganggu karena keberadaannya yang gak kelihatan.

  • CelebFan.

Penggemar seleb yang lumayan fanatik yang biasanya suka meng-RT twit seleb favoritnya walau twit itu keliahatan gak penting, bagi dia menjadi super penting. Makanya dia RT. Seleb ini biasaya penyanyi, aktris/aktor/ pemain bola, boyband, pembalap, atlit dan banyak lagi.

  • Sok-Hipster dan sok-anti-mainstream.

Biasanya ia tipe-tipe narsis, sering berkomentar tentang twit orang lain, mencemooh isi twit orang lain, ya begitu deh kadang suka sarkasme.. Walaupun #nomention, menurutku twit seperti itu bisa menimbulkan fitnah bagi siapapun.

  • Pengeluh.

Jika mengeluh sesuatu satu atau dua kali di twitter, itu terbilang masih normal. Tapi jika dilakukan terlalu sering, bahkan sampai bikin kultwit, itu sih berlebihan dan ganggu. Misalnya: mengeluh tentang pekerjaan, teman, hidupnya dan banyak lagi. Ini merupakan jenis twit yang ‘ganggu’ sekaligus pemberi efek buruk untuk mood.

  •  Call-Me-Cool Account.

Ia biasanya meng-twit hal-hal yang cukup menyenangkan, gila dan yang membuat tertawa.

  •  Drama Queen.

Ia suka mendramatisir segala sesuatu, bersikap berlebihan mengomentari. Curcol galau bisa saja mengganggu orang yang follow. Menurutku sih lebih baik tulis curhat galaunya di blog atau buku diary saja. Kalau di TL, mau gak mau orang lain bisa baca twit galaunya secara paksaan (kau tau maksudku kan?)

  • RT Abuser.

Ini merupakan penggunaan RT bukan pada tempatnya. Ia selalu membalas tweet dengan menggunakan RT. Ia mungkin nggak punya tombol reply sehingga harus selalu menggunakan RT untuk menjawab setiap mention. RT Abuser ini sebenarnya amat sangat mengganggu karena penggunaan yang salah kaprah. Mungkin ia mengira bahwa arti RT ini adalah Reply To, bukannya ReTweet.

  • Tipe yang baik dan benar aka. Pelaku twitter normal.

Ia meng-twit jika memang ada perlu, bahasan seru atau penting. Ia akan meng-RT jika memang info tersebut bagus. Ia membalas pertanyaan dengan reply, sangat janrang menjawab pertanyaan dengan RT. Ia memfollow orang dengan ikhlash tanpa minta imbalan “follback”. INI MERUPAKAN PELAKU TWITTER IDAMAN SIAPA SAJA. IYA, SIAPA SAJA.

  • Hashtagers.

Ia bisa menggunakan lebih dari 2 hashtag untuk 1 twit, kebanyakan yang melakukan ini adalah pengguna instagram. Satuan instagram = 10 hashtag, coba aja cek sendiri.

  • Tipe #NoMention.

Ia rajin curcol, pemalu, detai dan sok-sok misterius. Kebanyakan bikin hashtag #NoMention juga tidaklah sehat. Karna sebenarnya tanpa hashtag #nomention juga pembaca gak tau twit tersebut ditujukan untuk siapa. Buat pelaku #NoMention sebenarnya ia berharap sekali bahwa orang yang ia maksud tersebut menyadari dan ngeh pada twitnya.

  • Akun Telor

Cirinya: Avatarnya telor, twitnya hanya sedikit padahal ia sudah gabung di twitter dari 5 tahun yang lalu. :p

  • Tipe Gak-Kenal-Tapi-Nimbrung

Contoh: Si A lagi asik reply-reply-an dengan si B. Ujug-ujug si C bales nimbung di 1 twit sambil mention si C, padahal si A enggak kenal dan engga follow si C.Yup. Everyhing can happen in twitterland, tapi kita semua sudah mengetahui etika berbicara dan seharusnya diterapkan juga untuk etika dalam bertwitter. 🙂

  • Mrs/Mr. Showoff

Dari predikatnya aja kita tau, bahwa  jenis ini adalah jenis yang suka menunjukan apa yang dia lakukan atau dapatkan, agak sama dengan spammer tapi beda. Kalo tipe yang ini sih cenderung ke pamer, pamer apa aja sih bisa harta benda, suami, istri, kemesraan dengan pasangan, anak, kendaraan, gadget dan lain sebagainya. Dan gak sedikit juga sih yang ternyata  pamer tanpa sadar. Hati-hati lho!

  • Tipe Suka Berbagi

Berbagi di sini maksudnya berbagi dengan sosmed lain, misalnya path atau facebook. Aku gak ngerti lho dengan manusia jenis ini. *Semoga kalian tau maksudku* hehe

  • Tali Kasih

Tipe ini biasanya bertwitter bukan hanya untuk cari informasi umum saja, melainkan juga untuk merajut tali silahturahim. Dia suka banget ‘ngumpul’ dan mengobrol dengan teman-temannya. Saran untuk tipe ini adalah saling membalas obrolan dengan reply, bukan RT. Tapi jika mereka punya banyak follower yang sama, lebih baik pindah obrolan ke whatsapp atau bbm group supaya tidak ‘ganggu’ dan bisa jadi membuat risih followernya.

  • You follow, I follow

Ini semacam penggemar pasangan Jack-Rose YouJump-IJump. Beneran kok ada tipe sejenis ini, aku membuktikannya. Ada sebuah akun sebut saja N, aku follow lebih dulu dan kemudian N follow aku. Lama kelamaan, ketahuan, ternyata N adalah sebuah akun yang RT Abuser, akhirnya kuputuskan untuk unfollow. Singkatnya, iseng aku follow lagi dan N follow lagi. Lalu aku unfollow lagi  N dan N pun unfollow aku LAGI. Merasa penasaran dengan sikap N, aku coba lagi untuk memfollow N untuk yang ke-3 kali. Yup kau benar! N follow aku juga 😀 (Untuk kasus seperti ini, aku gak terlalu mengerti jalan pikirannya). Serously, and totally funny indeed :))

Biasanya jumlah follower dan followingnya sekitar seribuan dan hampir sama jumlahnya. Hehe

  • Si “Waktu Cantik”

Ini sih sebutanku untuk yang doyan men-twit ketika jam menunjukan “pukul cantik”. Misalnya: “07:07 Make a wish!” atau “12:12 and I am still thinking of you” atau “11:11 i wish you were here” dan twit yang menggunakan waktu lainnya.

Tipeku yang mana?

Inginnya sih masuk kategori “Pelaku twitter normal“, tapi aku nggak tahu penilaian orang-orang melalui twitku. Bisa saja twit yang kusampaikan menurutku oke-oke saja, akan tetapi menurut orang lain twit-ku itu mengganggu.

Kalau begitu, lebih baik banyak-banyak beristighfar setelah bertwitter deh. Karena… disadari atau tidak, bisa saja twit kita mengganggu perasaan pengguna lain.

(bersambung….)

Advertisements

10 thoughts on “All About Twitter II : Jenis-jenis Orang di Twitterland

    • Key La says:

      Iya, gatau jadi banyak gini, mau dikerucutin ga sempet 😀
      Ya gimana mau masuk kategori, kalo twitteran aja engga –”
      Kalau suatu saat bertwitter, jadilah pelaku twitter normal ya 😀

  1. Wah saya termasuk tipe yang mana ya? Maaf ya followers kalo saya sering nyampah di TL kalian #loh 😀

    Tapi buat saya pribadi, the most annoying type itu yang RT abuser, 4L4Y pengemis follower sama hobi pamer dan twitwar freak. Kalo udah sampe taraf super ganggu, no other way..Block! :)) Btw salam kenal.. Nice article 🙂

    • Key La says:

      Insyaallah, sejauh pengamatanku nih..mba Meut itu Pelaku Twitter Normal, makanya masih tetap aku follow 🙂
      Salam kenal lagi mba, barakallahu fiiki 🙂
      Thanks for visit 😉
      I love ur posts btw

    • Key La says:

      hehe…kayanya rata-rata kebanyakan orang berfikir itu deh. Saya juga 😀
      Thanks for visit and comment 😉

    • Key La says:

      hihi…ini setiap individu bisa memiliki berbagai kategori ko 😀 saya juga termasuk kepo sukepo :p
      Ada 1 kategori yg belom smpet saya masukin, tapi lupa hehe…
      thx for visit 😉

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s