All About Twitter III : Dampak Positif & Negatif Twitter

Ini merupaka lanjutan dari artikel sebelumnya: Alasan bertwitter dan Jenis-Jenis Orang di Twitterland.

Melalui pengalamanku di Twitterland secara langsung dalam 1 tahun lebih ini, aku merasakan dampak positif dan dampak negatif twitter.

DAMPAK POSITIF

  • Mendapat banyak ilmu dan pengetahuan umum.
  • Mendapat informasi dengan cepat (Real Time). Bagiku, twitter merupakan sarana penyebar informasi tercepat, bahkan lebih cepat dari media televisi, radio dan media lainnya.
  • Bisa mendapatkan motivasi dari akun twitter yang kufollow
  • Tempat pemecahan masalah. Aku bisa bertanya langsung pada ahlinya langsung melalui akun twitternya.
  • Bisa bertemu dengan banyak komunitas, dimana aku bisa sharing dengan mereka. Mulai dari manhaj, hobi, kesehatan, olahraga, pendidikan dan lain sebagainya. Salah satunya adalah aku mendapat banyak kenalan akhwat satu manhaj. Sebenarnya ini tergantung akun twitter yang difollow juga. Dengan memfollow banyak akun dakwah dan akun yang banyak meng-twit tentang dien, maka TL pun semarak dengan twit tentang dien. Maka dari itu, hati-hatilah dalam mem-follow. Cek juga ke-shahihan pada sebuah akun dakwah (dien), karena akan bahaya jika tidak teliti dalam mem-follow. Bisa jadi hadist yang ditwit oleh akun tersebut adalah hadist-hadist dhoif, atau ternyata akun tersebut adalah akun JIL.
  • Sharing unek-unek. Ga dipungkiri bahwa kadang aku men-twit tentang unek-unekku: kenapa ada kendaraan yang nyalip dar kiri bukannya dari kanan? Kenapa rumah sakit X buruk sekali pelayanannya? Kenapa ketika sedang macet, banyak sekali orang yang membunyikan klakson? Kenapa akhwat yang bercadar dan berjilbab lebar identik dituduh teroris? Dan berbagai unek-unek lainnya. Sering, setelah men-twit unek-enek aku merasa gak nyambung juga, kenapa curhatnya ke twitter?
  • Media Silahturahim. Dengan saling follow dengan keluarga, sahabat, teman dan kenalan lain. Aku bisa dengan mudah mendapatkan kabar serta informasi tentang mereka baik bertanya langsung atau mengetahui lewat isi twit mereka.

 

DAMPAK NEGATIF

  • Penggunaan twitter yang tidak termenej dengan baik bisa menimbulkan pemborosan waktu yang bisa berakibat pada melalaikan kewajiban, tugas-tugas, pekerjaan, atau prioritas lain yang sebenarnya jauh lebih besar dari sekadar bertwitter-ria.
  • Pemborosan uang. Hati-hati boros pulsa internet, pastikan daftar paket sesuai kebutuhan dan kemampuan. Ingat! Bahwa twitter atau internet bukan kepentingan pokok, tapi sekunder atau mungkin malah termasuk kategori tersier.
  • Adanya konflik antar sesama pengguna akun twitter. Twitter memang ‘kejam’ dan bebas, kadang suka ada yang protes, memberikan komentar gak enak, atau malah mengajak debat (twitwar). Kalau ada kasus seperti ini lebih baik di-cut dari awal.
  • Kalau ada jenis akun Mr./Mrs/Miss Showoff, kadang suka membatin “Hello…what does your tweet mean?” Iya, sih twitter, twitter dia, terserah dia. Tapi kalau kebanyakan showoff jadi bikin gerah, bukan ke yang ‘dipamerkanya’ tapi lebih kepada “kenapa sering banget pamer”. Jadi, supaya adem dan tidak menimbulkan dengki atau fitnah hati,, akun semacam ini sih aku unfollow saja.
  • Hati-hati juga, bahwa tidak menutup kemungkinan bahwa kitapun bisa riya (tanpa sadar). Ini bisa menimbukan fitnah atau penyakit hati untuk orang lain.
  • ADD aka. Attention Disorder Deficit aka. susah fokus. Mungkin karena bawaannya ingin melihat timeline terus menerus.
  • Hati-hati! Kecanduan twitter! Ketika melakukan apa saja sedikit-sedikit pegang gadget, buka twitte, cek tab mention, itu mungkin sudah masuk gejala kecanduan twitter. Off your gadgets! Take a break.

PENTING!!!

Dampak negatif twitter ini akan semakin buruk jika twitter yang ‘mengendalikan’ kita bukannya kita yang ‘mengendalikan’ twitter. Oleh karena itu, bijaksanalah dalam menggunakan twitter.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s