Pola Hidup Saat Kuliah

STADION UPI

One of my favorite place to heal 😀 UPI the best place I’ve ever had

Very long time ago, I described diet is a healthy way of eating which helps you to reduce fat in your body. Simply thought: diet makes you skinnier!!!
But, in early 2005 my mindset of diet had been changed. I realized that diet is a one of ways to keep you healthy. Diet means you eat healthy food and you drink healthy drink to make your life more healthier.

Awal-awal kuliah merupakan tahun dimana aku makan dan berolahraga dengan menganut paham “suka-suka terserah aku!”. Mungkin salah satu penyebabnya adalah adanya waktu leha-leha di rumah serta liburan selama beberapa bulan sebelum memasuki masa perkuliahan.

I ate whatever I want tanpa berfikir apa yang tubuhku butuhkan. I love street foods or junk foods : cimol, cireng, gorengan, kue ape, cilok, mpe-mpe, bakso, burger, pizza, friedchicken, es krim, dll.

I drank whatever I want: kopi, teh manis, jus buah-buahan (dengan gula dan susu), cola, susu, yoghurt, cendol, cola-float dan lain sebagainya. Guess what? Right! Tubuhku membludak, walaupun aku masih bisa bergerak lincah, lari-lari di lapang basket, melakukan gerakan silat, berenang dan melakukan olahraga lainnya. Tapi kenyataan yang harus kusadari adalah I felt bad and uncomfort.

Memasuki perkuliahan semester 4, aku pun mulai mengubah pola hidupku sedikit-demi sedikit. Salah satunya dengan berusaha mengurangi begadang, mengurangi jajan dengan berusaha meyakinkan diri bahwa street food and junk food are really junk. Salah satunya dengan mengatur mindset-ku bahwa memakan street food sama halnya dengan memakan sampah (over react deh hehe).

Selain itu, aku juga meyakini bahwa salah satu upaya untuk sehat adalah dengan memasak sendiri makananku. Mi rebus adalah makanan yang tentu saja harus dicoret dari “Daftar Masak Sendiri.” Makanan yang biasa aku masak adalah: tahu rebus, jagung rebus, kentang rebus, brokoli rebus, ya sayur-sayuran aja sih yang direbus. Begitulah enaknya ngekos, karena aku hanya memasak untuk diri sendiri jadi tidak perlu repot memikirkan menu orang lain, beda hal jika berada di rumah.

Tak lama kemudian, aku mengenal food combining. Setelah membaca bukunya, aku pun mulai menerapkan dalam hidupku. Sayangnya aku baru menyadari bahwa aku melakukan beberapa kesalahan dalam praktek FC setelah mengenal @erikarlebang tahun 2011 lalu.

Di bawah ini merupakan menu makan sehari-hariku saat itu.

  • Sarapan: Oatmeal + susu / teh tanpa gula / kopi tanpa gula /sebutir Apel hijau/fuji.
  • Makan siang : menu food combining
  • Makan malam : menu food combining

Selain mengubah pola makan, aku pun meningkatkan intensitas olahraga, yang tadinya berjogging hanya seminggu sekali menjadi setiap hari, kadang pagi, kadang siang dan kadang sore: disesuaikan dengan jadwal kuliah atau cuaca saat itu.

Tempat favorit jogging adalah jogging track di stadion sepakbola UPI dengan alasan:

  1. Gratis masuk hanya dengan menunjukkan KTM
  2. Tanpa KTM hanya bayar 1000 rupiah saja
  3. Tempatnya sepi, karena yang menggunakan stadion itu sebagian besar adalah mahasiswa FPOK, atlet kota Bandung, dan team yang menyewa lapangan sepak bola.
  4. Tidak ada yang pacaran, seperti yang bisa aku lihat di Sabuga atau Gasibu (Dulu di gasibu ada jogging  track juga, sekarang sudah berubah menjadi lapak pedagang)
JOGGING TRACK

See…sepi kan? Engga ada adegan India atau telenovela deh :))

Ada lagi, aku mempunyai target dan syarat tertentu saat jogging.

  1. Jogging minimal 8 keliling lapangan sepak bola atau 30 menit berlari tanpa istirahat.
  2. Berhenti = epic failed = jogging yang tadi kulakukan tidak masuk hitungan dan artinya aku harus mulai lagi dari awal. (Untungnya itu tidak pernah sampai terjadi).

Pencapaianku:

  1. Tubuh lebih sehat dan fit.
  2. Bobot tentu saja turun.
  3. Ukuran pakaian turun beberapa size.
  4. Kulit lebih gelap
  5. Kenal petugas stadion trek. lo

 

key la

Advertisements

3 thoughts on “Pola Hidup Saat Kuliah

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s