Pola Hidup Saat Bekerja

  • Jenis makanan : amburadul
  • Jam makan: tidak lagi rutin dan terjadwal, sesempatnya saja!!!
  • Jenis, kuantitas dan kualitas olahraga: menurun dari pola sebelumnya.
  • Sering begadang karena banyak kerjaan, konpensasinya adalah: minum kopi setidaknya 2 cangkir/hari.

Aku cerita sedikit pengalamanku tentang perut yang shock ketika awal-awal kembai ke Indonesia. Saat di Jerman aku bahkan sudah membuat list makanan yang akan kumakan setibanya aku kembali di Indonesia dan masakan padang adalah makanan pertama dalam listku.

Well…aku makan nasi padang hampir setiap hari. Seminggu kemudian, aku pun mengetahui bahwa ada darah segar keluar saat aku bab. Dokter bilang itu disebabkan karena pencernaanku shock dengan makanan Indonesia, sebaiknya aku menghindari makanan berkolesterol, banyak mengandung rempah dan pedas seperti masakan padang.

Ya…sedikit demi sedikit aku pun beradaptasi sampai akhirnya aku bisa….makan semuanya.
Iya, makan semuanya. Selama di Jerman aku membuat list daftar makanan yang aku makan jika aku kembali ke Indo: masakan padang, sate kambing, mi kocok Persib, ayam penyet unpar, steak Cilaki, nasi bakar deket gasibu, bubur ayam dago, es duren fadila, mi koclok Cirebon, masakan mom, mpe-mpe sekeloa, mi gets Cirebon, cimol, cireng, lumpia basah UPI, cendol, bakso, mi ayam deket rumah, mi jawa. MasyaALLAH….banyak sekali list-nya. Ketika di Jerman aku hanya makan di restoran Indonesia sekali, Restoran Tuk-tuk di Berlin. :))

Aku tidak bisa menerapkan pola olahraga (jogging, hiking, jalan cepat dan bersepeda) semaksimal seperti yang kulakukan saat di Jerman, itu terjadi karena beberapa alasan:

  1. Jetlag beberapa bulan
  2. Medannya berbeda cuaca dan durasi waktu siang yang berbeda.
  3. Terlalu banyak manusia di mana-mana
  4. Aku bekerja dari jam 8-16.
  5. Aku gak bisa berjogging di atas pukul 6 karena sudah gelap dan stadion udah tutup.
  6. Malam hari mengerjakan pekerjaan freelace, bahkan bisa sampai begadang.

JENIS MAKAN DAN JAM MAKAN

Pola makanku? Food Combining tapi banyak cheatdays.  (Ya bukan food combining lah Key. Gimana sih????) Eh tapi, aku tidak makan nasi karena aku engga suka nasi dan selalu mual jika aku makan nasi.

  • Sarapan:

Minum kopi setiap hari, tanpa makan apapun di pagi hari.
Ada 2 jenis kopi yang kuminum.

  1. Indocafe fine blend + krimer (biasanya kopi Indocafe fine blend aku beli yang dalam kemasan gelas seharga Rp.8000-an, kau bakalan lihat banyak gelasnya kalau kau ke rumahku).
  2. Jika ingin sesuatu yang kuat, maka kuminum kopi kapal api dengan rumus = 2 sdm kopi + 200ml air panas.

       Aku minum kopi dengan catatan:

  1. Kopiku selalu tanpa gula.
  2. Jam minum kopiku yaitu dari bangun tidur sampai pukul 14.00, tidak boleh lebih!
  3. Aku hanya minum kopi yang rasanya manis jika aku ke SB, karena aku selalu memesan Caramel Macchiato dingin. Tapi itupun kadang-kadang 1-2kali/bulan.
  • Makan Siang

Beraneka macam menu bukan food combining, tergantung menu makan siang di tempat aku kerja aja sih: curry India, bakso, mi ayam, burito, salsa, makanan meksiko, spagethi, creamsoup, mac-cheese, pizza, gado-gado dan lain-lain.

  • Makan Malam

Aku termasuk tipikal orang yang merasa cupu dan aneh jika makan sendirian jadi aku sering melewati malan malam. Aku baru makan kalau ada temannya. Sayangnya jarang sekali dapat teman makan, tak heran lagi pada suatu hari aku divonis kena gejala maag karena pola hidupku seperti itu.

  • Snack Time

Mulai suka ngemil yang aneh-aneh aka. street food lagi.

  • Detoks

Walaupun tidak Food Combining, tapi aku melakukan detox 3 bulan sekali. Benar kata Erikar Lebang, detoks tanpa diikuti oleh perubahan pola makan lebih sehat ya tidak maksimal.

JENIS OLAHRAGA

  1. jalan cepat dari kost-anku di gerlong menuju tempat kerjaku yang berada di apartemen Setiabudi.
  2. berenang setiap hari Sabtu.
  3. 20 menit hullahoop
  4. olahraga ringan: stretching.
  5. jogging sepulang kerja di jogging track Apartemen Setiabudi, hanya saja tempat itu membuat mood bersantai lebih tinggi alih-alih mood berolahraga. Bawaannya pengen rebahan, hehe

jogging track apartemen

Kesimpulan:

  • Suatu kepuasan karena bisa mempertahankan kestabilan berat badan dengan pola hidupku yang seperti itu. lol
  • Hampir setiap bulan aku sariawan karena pembengkakan daerah gusi sekitar gigi molarku, seringnya terjadi ketika pms atau ketika aku sibuk berat sampai begadang.
  • Pesan moral: jagalah kesehatan sebelum sakit. Karena bisa saja biaya pengobatanmu ternyata lebih besar dari penghasilanmu. (Pengalaman) Selain itu, aku juga kena gejala maag. Kukira semua orang sudah tahu apa sebabnya.

PS:

Saran untuk pemula yang bermain hollahoop, gunakan hollahoop yang terbuat dari yang plastik bukan rotan. Kenapa? karena hullahoop bakal sering jatuh dan tidak jarang mengenai mata kaki, kebayang sakitnya mata kaki tertabrak hullahoop rotan?

Gunakan hullahoop yang diameternya panjang, semakin panjang diameternya semakin lambat harus memutar hullahoop, semakin mudah juga untuk belajar.

Aku sendiri menggunakan hullahoop plastik berukuran X atau XL (lupa) yang kubeli di AceHardware, tahun 2009 harganya Rp.54.000.

Silahkan googling keuntungan bermain hullahoop 🙂

hullahoop

key la

Leave a Reply

