Pola Hidup Sebelum Menerapkan Food Combining dan Pola Hidup Dengan Menerapkan FC

Pola Hidup Sebelum Menerapkan Food Combining

POLA MAKAN

  • Sarapan

Segelas kopi dan kadang-kadang plus gorengan, karena aku tinggal bersama adikku dan dia selalu membeli nasi kuning/jamblang/lengko/uduk beserta gorengan untuk sarapannya.

  • Makan siang

Menu makan siang yang disediakan di tempat kerjaku tidak termasuk menu FC.

  • Makan Malam

Beda dengan di Bandung, selama di Cirebon aku tidak pernah skip makan malam karena selalu ditemani adikku.

  • Snack

Buah dan jajanan anak sekolah, kebayang kan? 😉

Aku masih suka minum kopi walaupun tidak lagi setiap hari.

POLA OLAHRAGA
Porsi olahragaku berkurang cukup banyak. Jam kerjaku cukup rock and roll dengan jadwal resmi: pukul 8:00-16:00 dan jadwal tidak resmi 7:30-17.00 (bisa sampai malam juga jika aku lembur)
Bisa dibilang, aku tidak punya cukup waktu untuk berolahraga.
Awal-awal aku masih bisa jogging di stadion Bima, tapi baru beberapa kali jogging aku kapok karena orang yang pacaran lebih banyak daripada orang yang berolahraga. Lagipula, karena sudah memantapkan diri untuk hijrah, jadi aku tidak bisa lagi jogging di tempat umum.

Jadi, olahraga andalanku adalah:

  1. Jalan cepat dengan partnerku Mrs.Light dari komplek Assunnah ke Pasar kalitanjung via Evakuasi setiap hari bada subuh. Biasanya sampai di pasar sekitar pukul 6 dan belanja selama 1 jam.
  2. Main Hullahoop sebelum mandi sore.

Kesimpulan:

  • Hampir setiap bulan aku selalu sariawan karena pembengkakan daerah gusi sekitar gigi molarku, seringnya terjadi ketika pms atau ketika aku sibuk berat sampai begadang.
  • Berat badanku masih ideal, dengan syarat aku tidak skip olahraga supaya tidak mleduk 😀

 

Pola Hidup Dengan Menerapkan Food Combining

Akhir tahun 2011 aku pun kembali melakukan FC. Kali ini persiapanku sudah cukup matang, serius dan insyaAllah dilakukan dengan benar. Aku membaca lagi buku Food Combining karangan Andang Gunawan, berkonsultasi dengan @erikarlebang di twitter, membaca tentang pola makan ala Rasulullah yang ternyata banyak memiliki kesamaan dengan FC.

POLA MAKAN

  • Sarapan (Pagi hari sampai pukul 11 siang): Segelas Jeniper, buah-buahan
  • Makan siang dan makan malam dengan utama sesuai dengan juklak Food combining.
  • Aku suda berhenti minum kopi dan hanya minum air bening dan air jeniper.

POLA OLAHRAGA
Karena sudah resign, Aku bisa mengatur olahraga sesukaku dan kapanpun aku mau dengan menargetkan diriku supaya bisa berolahraga minimal 40 menit setiap hari, dengan pilihan:

  1. Aerobik kulakukan di rumah selama 40 menit
  2. Hullahoop 30menit
  3. indoor jogging

I’ll tell ya something…. semenjak disiplin FC, sariawan atau gangguan gigi molarku gak pernah muncul lagi, tubuhku lebih fit, wajahku lebih segar dan yang penting aku selalu merasa bahagia karena tubuhku sehat. Kutekankan di sini, bahwa Food Combining bukanlah diet untuk langsing-langsingan. Fokus dan disiplin untuk hidup lebih sehat, langsing adalah salah satu bonusnya. InsyaAllah…

Untuk lebih detail tentang pengalamanku ber-Food Combining, silahkan klik:

  1. Food Combining
  2. Food Combining 2
  3. Food Combining Gak Harus Mahal

Untuk mengetahui lebih detail tentang Food Combining langsung dari pakarnya:

  1. akun twitter Erykar Lebang: @erikarlebang
  2. http://erykar.wordpress.com/

key la

One thought on “Pola Hidup Sebelum Menerapkan Food Combining dan Pola Hidup Dengan Menerapkan FC

Leave a Reply

