A Good Book is a Good Friend: 35 Amal Pelebur Dosa (dengan rinciannya)

35 amal pelebur dosa 1

Khamsah wa Tsalatsuna Sababan li Gufran adz-Dzunub fi Dhau’ al-Kitab wa as-Sunnah dalam edisi Indonesia berjudul “35 Amal Pelebur Dosa karya Fatin binti Abdul Azis adalah kitb yang sangat bagus dan insyaAllah bermanfaat bagi pembacanya, karena mengajak pembacanya untuk kembali kepada Allah dan segera taubat sebelum terlambat.

Amal ke 1

Masuk Islam

Dari Abu Sa’id al-Khudri Radiallahuanha, Rasulullah bersabda:

“Apabila seseorang masuk Islam dan bagus keislamannya, maka Allah akan menghapus seluruh dosa yang pernah ia lakukan, lalu setelah itu (amal perbuatan) ada pembalasannya: satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan sampai tujuh ratus kali lipat, tapi satu kejahatan hanya dibalas dengan semisalnya kecuali kalau Allah mengampuninya.” (HR. Al-Bukhari)

Amal ke-2

Bertaqwa kepada ALLAH Subhanahu wa ta’ala

Dalam Ath-Thalaq ayat 5, ALLAH berfirman:

“Itulah perintah Allah yang diturunkanNya kepada kamu, dan barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipatgandakan pahala baginya.”

 

Amal ke-3

Mengikuti Rasulullah Shalallhu ‘alaihi wassalam

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman dalam AlImran ayat 31, yang artinya:

“Katakanlah, ‘Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, maka ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

 

Amal ke-4

Takut Kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Dari Hudzaifah, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda:

“Ada seseorang yang hidup sebelum kalian menganggap  jelek amalnya, maka jika ia berwasiat kepada keluarganya, ‘Apabila saya meninggal dunia, bakarlah tubuh saya dan taburkan di lautan pada saat angin bertiup kencang,’ lalu mereka melakukannya, maka Allah menyatukan kembali jasadnya, kemudian berfirman, ‘ Apa yang mendorongmu berbuat demikian?’ Dia menjawab, ‘Tidaklah yang mendorongku berbuat ini kecuali rasa takutku kepadaMu,’ maka Allah mengampuniNya.” (HR. Al-Bukhari)

Amal ke-5

Menjauhi Dosa-dosa Besar

Dalam An-Nisa’ ayat 31, Allah berfirman:

“Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar diantara dosa-dosa yang kamu dilarang mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan kamu ke dalam tempat yang mulia (surga).”

Amal ke-6

Iman dan Amal Shalih

Allah berfirman dalam Al-Haj ayat 50:

“Maka orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal yang shalih, bagi mereka ampunan dan rizki yang mulia.”

Amal ke-7

Beriman dan Berjihad dengan Harta dan Jiwa

Dari Abdullah bin Abi Qatadah, Rasulullah bersabda:

“Bahwa berjihad di jalan Allah dan beriman kepadaNya adalah amal perbuatan yang paling mulia, maka seseorang berdiri dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, bagaimana kalau aku terbunh di jalan Allah, apakah dosa-dosaku akan terhapus?’  Rasulullah menjawab, ‘Ya, jika kamu terbunuh di jalan Allah dengan sabar dan mengharap pahala, serta maju dan tidak mundur,’ kemudia Rasulullah berkata, ‘Apa yang kamu tanyakan tadi?’ Ia berkata. ‘Bagaimana kalau aku terbunuh di jalan Allah, apakah dosa-dosaku akan terhapus?’ Jawab Rasulullah, ‘Ya, kalau kau sabar dan mengharap pahala, maju dan tidak mundur, kecuali hutang, sesungguhnya Jibril ‘alaihissalam memberitahukannya kepadaku.” (HR. Muslim)

 

Amal ke-8

Sedekah dan Infaq di Jalan Allah

Dalam Al-Imran 133-134, Allah berfirman:

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada Surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa, (yaitu) orang-orang  yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang dan sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang .Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”

Amal ke-9

Memaafkan Orang Lain dan Berlapang Dada.

Dalam Al-Imran ayat  133-134,  Allah Ta’ala berfirman:

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada Surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa, (yaitu) orang-orang  yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang dan sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang .Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”

Amal ke-10

Menyingkirkan Sesuatu yang Membahayakan dari Tengah Jalan

Dari Abu Hurairah Radiallahu’anha, Rasulullah bersabda:

“Tatkala seseorang berjalan, ia menemukan duri di tengah jalan, lalu dia menyingkirkannya, maka Allah berterimakasih kepadanya dan mengampuninya.” (HR. Al-Bukhari)

Amal ke-11

Menyayangi Binatang

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

“Ada sorang wanita pelacur melihat anjing sedang mengelilingi sumur pada saat hari sangat panas dan menjulurkan lidahnya karena kehausan. Lalu ia melepas sepatunya (dan memenuhinya dengan air lalu memberi minum anjing tersebut, pent) maka Allah mengampuni dosanya.” (HR. Muslim)

Amal ke-12

Taubat

Dalam Al-Isra ayat 25, Allah berfirman:

“Tuhanmu lebih mengetahui apa yang ada dalam hatimu, jika kamu orang-orang yang baik, maka sesungguhnya Dia Maha Pengampun bagi orang-orang yang bertaubat.”

Amal ke-13

Istighfar

Allah berfirman dalam An-Nisa’ ayat 106:

“Dan mohonlah ampun kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Amal ke-14

Pelaksanaan Hukum Allah

Dari Ubadah bin ash-Shamit radiallahu anha, Rasulullah bersabda:

“Berbai’atlah kalian kepadaku untuk tidak menyekutukan Allah dengan apapun, tidak mencuri, tidak berzina (lalu beliau membaca ayat ini). Maka barang siapa yang memenuhinya, niscaya akan mendapatkan pahala di sisi Allah Ta’ala dan barang siapa yang melanggar lalu dia mendapatkan hukuman atas perbuatannya, maka hukuman itu akan menghapus dosanya dan barangsiapa yang melanggarnya tapi ditutupi oleh Allah, maka jika Allah berkehendak Dia akan mengampuni atau menyiksanya.” (HR. Al-Bukhari)

Amal ke-15

Musibah yang Menimpa Seorang Muslim

Dari ‘Aisyah Radhiallahu’anhu, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda:

“Tidak ada satu musibah pun yang menimpa seorang Muslim kecuali Allah menghapus dengannya dosa-dosanya, sampai duri yang menusuk dirinya.” (HR. Al-Bukhari)

Amal ke-16

Berwudhu

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

“Maukah kalian saya tunjukkan pada perkara yang dengannya Allah akan menghapus kesalahan-kesalahan dan mengangkat derajat?’ para sahabat menjawab, ‘Ya Rasulullah?” Beliau bersabda, “Menyempurnakan wudhu pada saat jiwa membenci (untuk berwudhu), banyak melangkah ke masjid, dan menunggu shalat setelah mengerjakan shalat. Itulah ribath (berjaga) di jalan Allah.” (HR. Muslim)

Amal ke-17

Berwudhu Lalu Melaksanakan Shalat

Dari Atha’ bin Yazid dar Khumran, Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang berwudhu seperti wudhu saya ini lalu shalat dua rakaat, tanpa bicara pada dirinya sendir, niscaya akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Al-Bukhari)

Amal ke-18

Melangkahkan Kaki untuk Menjalankan Shalat

Dari Abu Hurairah Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang bersuci di rumahnya, lalu berjalan ke rumah di antara rumah-rumah Allah (masjid) untuk mengerjakan salah satu kewajiban yang telah Allah wajibkan (shalat), maka setiap dua langkahnya, satu langkah menghapus satu kesalahan dan langkah lainnya mengangkat satu derajat.” (HR. Muslim)

Amal ke-19

Shalat Fardhu

Dari Ustman bin Affan, Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang menyempurnakan wudhu sebagaimana diperintahkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, maka shalat fardhunya akan menjadi kaffarat (penghapus dosa) yang dilakukan antara satu shalat dengan lainnya.” (HR. Muslim)

Amal ke-20

Menunggu Waktu Shalat

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

“Shalat seorang laki-laki dengan berjamaah (di masjid) lebih baik dari pada shalat di rumahatau di pasar sebanyak dua puluh derajat lebih, demikian itu bila dia berwudhu dan memperbagus wudhunya lalu pergi ke masjid, tiada yang mendorongnya kecuali shalat, tiada yang diinginkan kecuali hanya untuk mengerjakan shalat, maka pada setiap langkahnya akan diangkat derajatnya dan akan dihapus dosanya sampai dia masuk masjid. Lalu apabila ia telah masuk masjid, dia dianggap orang yang shalat selama shalat itu yang menghalanginya (keluar dari masjid) dan para malaikat selalu mendoakan selama dia berada di tempat shalatnya, mereka berdoa “Ya Allah, berikan ia rahmat, ampunilah dia dan terimalah taubatnya’, selama dia tidak megganggu (orang lain) dan berhadast di dalamnya.” (HR. Muslim)

Amal ke-21

Mengucapkan Rabbana Walakal Hamdu

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

“Apabila imam mengucapkan Sami’allahuliman hamidah, maka ucapkanlah ‘Rabbana walakal hamdu’ (Wahai Rabb kami, hanya bagiMu segala puji), karena barangsiapa yang ucapannya bertepatan dengan ucapan malaikat, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu.” (HR. Al-Bukhari)

Amal ke-22

Mengucapkan Amin dalam Shalat Jamaah

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

“Apabila imam mngucapkan, ‘Amin’, maka ucapkanlah ‘Amin’, karena barangsiapa yang ucapan amin-nya bersamaan dengan ucapan Aminnya malaikat, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

Ibnu Syihab berkata, “Bahwasanya Rasulullah Shalallahu alaihi Wassalam mengatakan ‘Amin’.” (HR.al-Bukhari)

Amal ke-23

Sujud

“Sesungguhnya saat paling dekat antara seorang hamba dengan Rabbnya adalah pada saat dia bersujud, maka perbanyaklah berdoa padanya, karena hal itu akan membuat kalian layak dikabulkan doanya.”

Amal ke-24

Shalat Jum’at dan Bersiap-siap untuk Melaksanakannya

Dari Salman Al-Farisi, Rasulullah bersabda:

“Tidaklah seorang laki-laki mandi dan bersuci pada Hari Jum’at lalu meminyaki rambutnya dan memakai wangi-wangian yang ada di rumahnya, kemudian dia pergi ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang lalu mengerjakan shalat sebanyak yang ditakdirkan untuknya dan diam apabila imam sedang berkhutbah, kecuali akan diampuni dosanya antara satu Jum’at dengan Jum’at yang lain.” (HR. Al-Bukhari)

Amal ke-25

Menjawab Adzan dan Berdoa Setelahnya

Yakni apabila mendengar adzan, dia mengikuti setiap kalimat yang diucapkan muadzin, kecuali Hayya ‘alashsholaah dan Hayya ‘alal falaah dijawab dengan Laa haula wa laa quwwata illa billahi, niscaya doanya akan dihapus oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan perbuatan ini.

Amal ke-26

Sedekah, Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Fitnah seseorang dalam keluarga, harta, anak dan tetangga bisa dihapus dengan shalat, puasa, sedekah, amar ma’ruf dan nahi munkar.

Amal ke-27

Puasa Ramadhan

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Al-Bukhari)

Amal ke-28

Shalat Tarawih

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang mengejakan shalat malam pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Al-Bukhari)

Amal ke-29

Shalat Pada Malam Lailatul Qadar

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang mendirikan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (HR. al-Bukhari)

Amal ke-30

Haji

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang menunaikan ibadah haji karena Allah, tidak berbuat rafats dan fusuq, maka ia akan kembali seperti pada waktu dilahirkan ibunya.” (HR.al-Bukhari)

Amal ke-31

Umrah

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

“Antara mengerjakan umrah yang satu dengan yang lainnya adalah penghapus dosa di antara keduanya, dan haji mabrur tidak ada balasan kecuali Surga.” (HR. Al-Bukhari)

Amal ke-32

Duduk di Majelis Dzikir

Imam Ibnu Hajar al-Asqalani berkata dalam Fath al-Bari, “Sesungguhnya yang dimaksud dengan majelis dzikir ini mencakup segala macam dzikir kepada Allah, baik tasbih, takir, membaca al-Qur’an, berdoa untuk kebaikan dunia dan akhirat, mempelajari hadist nabi dan belajar ilmu syar’i.”

Amal ke-33

Mengucapkan La ilaha illallah

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang mengucapkan : Laa ilaaha illallahu wahdahu laa syariikalahu, Lahulmulku walahulhamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qadiir (Tiada Tuhan yang berhak diibadahi kecuali Allah, tiada sekutu bagiNya, bagiNya segala kekuasaan dan segala puji, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu) sebanyak seratus kali dalam sehari, maka pahalanya sama seperti membebaskan sepuluh budak, dan dia diberi 100 kebaikan serta dihapus keburukannya, juga akan membentenginya dari setan pada hari tersebut sampai sore hari, tiada seorang pun yang lebih baik amal perbuatanya melebihi dia kecuali orang yang melakukan amalan (tersebut) yang lebih banyak darinya.” (HR. Bukhari)

Amal ke-34

Mengucapkan Subhanallah Wabihamdih

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang mengucapkan ‘Subhanallah Wabihamdihi (Maha Suci Allah dan segala puji bagiNya) seratus kali dalam  sehari, maka akan digugurkan kesalahannya walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR. Al-Bukhari)

Amal ke-35

Bertasbih

Barangsiapa yang mengucapkan Subhanallah seratus kali, maka dia memperoleh seribu kebaikan dan dihapus darinya seribu kesalahan. Semua ini adalah keagungan, kemurahan dan rahmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala terhadap hambaNya sehingga melipat gandakan kebaikan dan menghapus kesalahan-kesalahan mereka.

Kita berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan nama-nama dan sifatNya. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita, memaafkan kesalahan kita, melindungi kita dari kemarahan dan NerakaNya dan memasukkan kita ke dalam SurgaNya yang mulia.

Sesungguhnya Allah yang Maha Menjamin dan Maha Mampu melakukannya. Dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, semoga shalawat dan salam serta keberkahan senantiasa tercurah kepada hamba dan RasulNya Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam juga keluarga dan semua sahabat beliau.

Semoga bermanfaat! Barakallahufikum….

logo maple key1a

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s