Bekam (Hijamah)

Imam Bukhari meriwayatkan dari Sa’id bin Zubair dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Penyembuhan terjadi dengan tiga cara, yaitu minum madu, berbekam dan besi panas. Aku melarang umatku menggunakan besi panas.”

Bekam (Hijamah) berasal dari istilah bahasa Arab yang artinya “mengeluarkan darah kotor melalui permukaan kulit”. Bekam merupakan suatu teknik pengobatan sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang telah lama dipraktekan oleh manusia semenjak zaman dahulu kala.

Teknik pengobatan bekam adalah suatu proses membuang darah kotor (toksin/racun yang berbahaya dari dalam tubuh, melalui permukaan kulit). Toksin adalah endapan racun atau zak kimia yang tidak dapat diurai oleh tubuh kita. Toksin ini berasal dari pencemaran udara, makanan yang banyak mengandung zat pewarna, pengembang, gorengan, penyedap rasa, pemanis, peptisida sayuran dll.

Kulit adalah organ tubuh terbesar yang dimiliki manusia, karena itu banyak toksid/racun berkumpul di sana. Dengan berbekam dapat membersihkan darah yang mengalir dalam tubuh manusia. Inilah salah satu detoksifikasi (proses pengeluaran toksin/racun) yang sangat berkesan/mujarab serta tiada efek samping.

Abu Ubaid menyebutkan dalam kitabnya “Gharibul Hadist” melalui sanad Abdurahman bin Abi Laila:

“Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melakukan bekam pada kepalanya dengan tanduk ketika disihir orang.”

Diriwayatkan olh Bukhari dan Muslim:

“Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam  pernah menggunakan hijamah (bekam) atas tiga bagian tubuh, bagian atas tulang belakang dan atas dua urat leher.”

Berbekam juga sangat bermanfaat untuk mengobati orang yang keracunan makanan, bisa dan sejenisnya. Lebih-lebih jika negeri itu merupakan negeri yang panas dan terjadi pada musim panas. Kekuatan racun mengalir ke seluruh tubuh melalui darah hingga tubuh berkeringat, racun sudah menjalar ke jantung, maka keracunan pun tak dapat tertolong lagi.

Sejak zaman mesir kuno kaedah bekam menjadi amalan bagi penyembuhan berbagai penyakit, seperti sawan (epilepsy), stroke, hingga ke penyakit yang ringan seperti masalah kulit dan letih atau lesu. Perawatan ini tidak perlu diragukan lagi karena berdasarkan sekian hadist yang banyak menerangkan kebaikan bagi orang yang mengamalkan bekam.

WASIAT NABI AGAR BERBEKAM

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berwasiat agar berbekam, lewat sabdanya:

“Jika pada sesuatu dari apa yang kalian berobat dengannya itu terdapat kebaikan, maka ia  adalah bekam.” HR Abu Daud

“Jibril mengabarkan padaku bahwa bekam adalah pengobatan yang paling bermanfaat yang dilakukan oleh manusia.” (Shahih Al-Jami’ dan Syaikh Al Albani mengatakan “Shahih”)

JENIS BEKAM

Ada dua jenis bekam, yaitu:

  1. Bekam kering/ bekam angin (Hijamah Jaaffah) dan
  2. Bekam basah (Hijamah Rathbah)

WAKTU BEKAM

Sebaiknya bekam dilakukan pada pertengahan bulan, karna darah berhimpun dan lebih terangsang (darah sedang berada dalam puncak gejolak).

Anas bin Malik menceritakan bahwa:

“Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam biasa melakukan hijamah pada pelipis dan pundaknya. Beliau melakukannya pada hari ke-17 (tujuh belas), ke-19 (sembilan belas) atau ke -21 (dua puluh satu)” HR Ahmad.

Pada awal bulan, darah telah teriritasi, mengandung materi-materi kotor yang perlu dibekam.

Pada akhir bulan, darah tidak lancar mengalir.

Pada pertengahan bulan dan seperempat akhir bulan, darah mengalir secara teratur dan puncak produksinya.

Pemilihan waktu bekam merupakan tindakan preventif untuk menjaga kesehatan dan penjagaan diri terhadap penyakit. Adapun untuk pengobatan penyakit, maka harus dilakukan kapan pun pada saat dibutuhkan. Dalam hal ini Imam Ahmad melakukan bekam pada hari apa saja ketika diperlukan. Hal ini berdasarkan ucapan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam:

“Jangan sampai seseorang mengalami ketidakstabilan darah, karena itu bisa mematikan.”

Imam Suyuthi menukil pandapat Ibnu Umar, bahwa berbekam dalam keadaan perut kosong adalah paling baik karena mendatangkan kesembuhan. Maka disarankan bagi yang hendak berbekam untuk tidak menyantap makanan berat 2-3 jam sebelumnya.

Haruskah 1 bulan sekali dibekam? Jika kita ingin terbebas dari gangguan penyakit yang diakibatkan darah kotor atau sebagai tindakan penjagaan dan kewaspadaan kita terhadap penyakit, maka sangat baik bekam dilakukan sebulan sekali.

ALAT BEKAM

Ketika Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam melakukan bekam, beliau menggunakan kaca yang berupa cawan atau mangkuk. Dengan demikian, jelas bahwa teknik bekam dan peralatannya sudah ada dan dipraktekan sendiri oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Pada zaman Cina Kuno, bekam disebut sebagai “pengobatan tanduk” karena tanduk menggantikan kaca. Pada abad ke-18, orang-orang di Eropa menggunakan lintah sebagai alat untuk berbekam. Kini peralatan yang digunakan sebanding dengan perubahan zaman, dan teknologi tinggilah yang diakui dan digunakan dalam pengobatan berbekam oleh para dokter di rumah sakit.

Peralatan yang digunakan oleh tim bekam:

  • Penghisap (hand pump)
  • Mangkuk (cupping set)
  • Pena jarum (lancet device)
  • Silet antiseptik (bahan strerilisasi seperti alkohol)
  • Sarung tangan kesehatan (rubber gloves)

PASIEN YANG TERLARANG DIBEKAM

  • Orangtua renta yang sakit tanpa daya upaya.
  • Penderita tekanan darah sangat rendah
  • Penderita sakit kudis.
  • Penderita diabetes militus.
  • Perut wanita yang sedang hamil
  • Wanita yang sedang haid
  • Orang yang sedang minum obat pengencer darah
  • Penderita leukimia
  • Thrombosit
  • Alergi kulit serius
  • Orang yang sangat letih, kelaparan, kekenyangan, kehausan dan gugup.

SUMBER:

  • Buku “Mengapa Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam Tidak Gampang Sakit”, karya Asadullah Al-Faruq (As-Salam)
  • Buku “Praktek Kedokteran Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam”, karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah (Hikam Pustaka)
  • Buku “Shahih Thibbun Nabawi: Panduan dan Metode Pengobatan Nabi”, karya Aiman bin Abduh bin Abdul Fattah (Pustaka Imam Ahmad)
Advertisements

2 thoughts on “Bekam (Hijamah)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s