Sehat Milik Semua

lkc

Dari Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam bahwasannya beliau berkata kepada seorang laki-laki untuk menasihatinya :

”Manfaatkanlah lima (keadaan) sebelum (datangnya) lima (keadaan yang lain) : Hidupmu sebelum matimu, sehatmu sebelum sakitmu, waktu luangmu sebelum waktu sempitmu, masa mudamu sebelum masa tuamu, dan kayamu sebelum miskinmu” [HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi]

Berdasarkan hadist di atas, yang menjadi topik utama kali ini adalah tentang kesehatan. Sehat milik semua, sehat merupakan hak siapa saja, tua-muda, miskin-kaya dan pria-wanita. Menjaga kesehatan pun merupakan kewajiban masing-masing. Kesehatan pun bisa menjadi mahal bila tidak dijaga dengan baik. Menjaga kesehatan bisa dikatakan mudah dan murah. Namun ketika jatuh sakit, rata-rata orang akan mengeluarkan biaya semahal apapun untuk kembali sehat. Itulah kenapa kesehatan begitu sangat berharga.

Oleh karena itu, jagalah sehat sebelum datangnya sakit. Ada beberapa usaha yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan.

1. Selalu berdoa kepada Allah Ta’ala supaya selalu diberikan kesehatan.

Dari ‘Abdullah bin ‘Umar, dia berkata, “Di antara doa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

“ALLOOHUMMA INNII A’UUDZU BIKA MIN ZAWAALI NI’MATIK, WA TAHAWWULI ‘AAFIYATIK, WA FUJAA’ATI NIQMATIK, WA JAMII’I SAKHOTHIK”

[Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, dan dari segala kemurkaan-Mu]. (HR. Muslim)

2. Menjaga Pola Makan dan Minum

Makanan sehat tidak selalu makanan mahal dan makanan murah tidak selalu “gak sehat”. Ada banyak pilihan makanan sehat dan murah, contohnya:

  • Alih-alih gorengan yang rata-rata harga satuannya Rp.500, kita bisa menggantinya dengan buah-buahan lokal (untuk sekali makan kita bisa membelinya di tukang buah potong dengan harga Rp.1000-Rp.2000/potong) meskipun sebenarnya jika dipikir-pikir membeli pepaya per/kg di pasar lebih murah daripada pepaya potongan di tukang buah.
  • Sayuran sehat tidak harus yang mahal: brokoli, lettuce, paprika dan lain-lain. Ada begitu banyak sayuran dengan harga terjangkau yang kandungan gizinya tak kalah dari sayuran mahal. Dibanding dengan salad di restoran, harga gado-gado atau karedok kebanyakan lebih murah. Memasak makanan sendiri lebih murah dan terjamin kesehatan serta kebersihannya.
  • Kopi dan softdrink bukanlah minuman baik untuk rutin diminum. Air bening biasa jauh lebih baik dan juga lebih murah.
  • Tidak makan berlebihan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam–bersabda, Tidak ada suatu wadah yang diisi penuh oleh anak Adam yang lebih jelek melebihi perutnya. Cukuplah baginya beberapa suapan kecil untuk menegakkan tulang belakangnya. Jika tidak mungkin,maka sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya, dan sepertiga lagi untuk nafasnya,” (HR Imam Ahmad, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Al-Hakim). Berdasarkan hadist di atas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menghimbau bahwa kita harus bisa mengendalikan nafsu dan selera makan kita. Makanlah secukupnya, dikunyah perlahan dan dengan baik sambil mensyukuri makanan yang sedang kita santap. Ingatlah prinsip makan: isilah perut dengan 1/3 makanan, 1/3 air dan 1/3 dengan udara.

When you just fill your tummy without thinking, you will end up sick when your body is tired of your junk.

3. Rutin berolahraga

Berolahraga tidak harus ke fitness center dan membayar mahal untuk menjadi membernya. Rutin jalan kaki pagi hari merupakan cara sederhana, murah dan efektif untuk menjaga tubuh tetap bugar.  Bonusnya adalah menikmati udara yang masih segar dan melihat terbitnya matahari yang indah.

4. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan badan dengan mandi yang teratur dan gosok gigi, menjaga kebersihan lingkungan yang salah satunya tidak membuang sampah sembarangan, menutup tempat makanan dan minuman dengan baik.

5. Mengatur waktu tidur dan beristirahat dengan baik

6. Tidak merokok

Bahaya rokok dan dampak rokok bagi kesehatan bahkan sudah dicantumkan dalam bungkus rokok yang dijual dipasaran. Sehain berdampak buruk untuk kesehatan, merokok merupakan pemborosan. Bayangkan! Dengan 1 bungkus rokok, berapa banyak sayuran atau buah-buahan yang bisa didapat?

Itulah beberapa ikhtiar yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan. Kita bisa karena biasa. Maka, biasakanlah diri kita untuk hidup dengan pola hidup sehat dan bersih. InsyaAllah kesehatan menjadi milik kita semua.

Dan semoga peningkatan menjaga kesehatan bukan hanya dilakukan per individu saja. Pemerintah pun memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan warganya, salah satunya dengan memberikan fasilitas dan sarana kesehatan khususnya untuk kaum dhuafa.

Semoga postingan di blog ini bermanfaat!

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s