Lecker Schmecker: Karedok

karedok

FYI karedok merupakan salah satu menu (aman) paling favorit para Food Combiners. Karena terdiri dari sayuran-sayuran mentah dan bumbunya bisa menghapus rasa ‘wangu’ sayuran mentah.
Hanya… yang patut diingat adalah bumbu kacangnya jangan terlalu mendominasi sayurnya. That’s it!

Karna karedok masuk ke dalam kategori sayuran, maka karedok bisa dimakan dengan karbohidrat (nasi/lontong/ketupat/dsj) atau dengan protein hewani.

Bahan-bahan, bumbu serta cara membuatnya juga simpel.

Sayuran yang dibutuhkan:

  • Kol (iris tipis)
  • Kacang panjang (potong pendek-pendek)
  • Tauge
  • Mentimun (iris tipis)

Bumbu:

  • 1 ons kacang tanah (bisa digoreng atau disanggrai)
  • cabe merah mentah
  • cabe rawit mentah
  • 2-3 cm kencur
  • asam jawa
  • 1/2 sendok teh terasi
  • gula merah
  • garam
  • 1 kentang ukuran sedang (rebus atau kukus), kentang rebus bisa membuat rasa bumbu menjadi lebih creamy
  • air matang
  • kecap (bango)

Cara membuat:

  1. Ulek kacang tanah, cabe, kencur, asam jawa, garam, gula dan terasi sampai halus.
  2. Lumatkan kentang rebus/kukus sampai lembut.
  3. Tambahkan air matang secukupnya
  4. Tambahkan kecap, aduk rata.
  5. Masukkan kacang panjang, ulek kasar agar bumbunya meresap pada kacang lalu masukan sayuran lainnya.
  6. Hidangkan bersama bawang goreng dan kerupuk.

 

Selamat mencoba!!!!

Advertisements

6 thoughts on “Lecker Schmecker: Karedok

  1. Assalamualaikum mba Keyla, ini karedoknya tampak menggiurkan mba. sy jadi tambah kangen masakan Indo…
    nanya mba, kencurnya bisa diganti yg lain ngga ya mba?

    • Wa’alaykumussalam Riri…. karedok emang selalu seger dan menggiurkan deh hehe…

      Kalo enggak pake kencur juga gak apa-apa, enak-enak aja sih. Walau sebenarnya rasa khas karedok emang dari kencur. Nanti jatuhnya kaya rasa lotek mateng paling dan itu tetep enak.

      Di http://www.tokoindonesia.de biasanya ada kencur kering, cuma belum pernah nyoba sih kalau yang pakai kencur kering dan kencur bubuk.

      Waktu di sana aku sering bikin bala-bala karna bahan-bahannya tersedia, dan itu merupakan makanan yang sering dirikues sama temen-temen bule… hehe… mereka lebih suka dicocol mayo dari pada pake rawit.

      Suka masak Maultaschen ga, Ri?

      • Sejujurnya sy baru tau Maultaschen skrg mba dri ngegoogling hehe. Belum pernah mba masak Maultasche, sepertinya itu susah ya mba?

        Iya ya mba Keyla bener juga, bisa cek di toko Indonesia ya mba. Nanti deh sy cek. Lupa kalau ada toko indonesia saya hehe..

        Bala-bala sy juga suka bikin mba, tapi sering pakai bumbu seadanya aja, senengnya dicocol sama bumbu pecel mba ๐Ÿ™‚

      • iya ya, emang kudu bikin sendiri biar yakin kehalalannya.
        Kali-kali Riri udah diturunkan resep Baklava oleh mertua hehe….
        Aku suka makanan Turki, selain Baklava enggak tau deh nama-namanya. Hehe….
        Suka banget nasi yang dibungkus daun yang ukurannya kecil-kecil. Duh apa ya namanya?
        Enak-enak banget sih makanannya *alasannya gak nyambung*

    • Kalo ada alat untuk giling atau cetaknya sih kayanya enggak terlalu susah deh. Gaya aja nih, padahal belom pernah masak hehe….
      Walo keliatannya plain, tapi itu masyaAllah enak banget, seger. Cocok deh kalo lagi winter hihii….

      Aku udah cek di http://www.tokoindonesia.de, adanya kencur kering dan kencur bubuk.

      Ohya, masakan Jerman apa aja yang sering dimasak?
      BTW, udah bisa bikin Baklava kan ya? hehehe

      • Itu dia mba alat cetaknya itu, hehe kalo sy bisa nemuin jualan Maultaschen halal pengen cobain juga nih mba jadinya ๐Ÿ™‚

        Kalau masak masakan jerman sy malah belum pernah sama sekali, tp kalo masakan turki sy lagi belajar mba hehe…
        baklava belum pernah bikin mba Keyla, biasanya beli aja ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s