Tumbuh Gigi Membuat Anak Demam?

Sambil menunggu Sabiy, aku baca buku “Anak Sehat: 100 Solusi Dr. Tiwi”. Langsung menuju halaman 38 yang membahas tentang TUMBUH GIGI.

Jadi, antara usia 6-9 bulan biasanya gigi bayi mulai menyeruak keluar dari gusi tempatnya “bersembunyi” sebelumnya. Mulai dari gigi depan bawah atau yang disebut gigi seri. Setelah dua gigi seri bawah dan dua gigi seri atas muncul, mulailah gigi geraham muncul diikuti gigi taring, lalu gigi geraham kedua muncul.
Kebanyakan anak akan menyempurnakan jumlah giginya saat berusia 2,5-3 tahun. Sayangnya proses munculnya gigi pertama tidaklah selalu mulus. Timbul rasa tidak nyaman yang membuat anak menjadi rewel.

GEJALA-GEJALA

  • Jika anda menyentuh gusi yang terlihat agak bengkak, terasa seperti da benda keras di dalamnya.
  • Si kecil akan mengeluarkan air liur yang cukup banyak dan kadang-kadang menetes keluar, tidak seperti biasanya.
  • Si kecil juga akan senang menggigit-gigit untuk mengurangi rasa tidak nyaman atau gatal di daerah gusinya.
  • Kadang-kadan rasa tidak nyaman pada gusi menyebabkan si kecil kesulitan tidur, gelisah dan rewel.
  • Bahkan ada beberapa anak yang menolak makan jika ia sudah mulai mendapat makanan pendamping ASI karena makan membuat gusinya sakit.

Akhirnya aku  langsung menuju website ID Ayah ASIdan beberapa website lainnya:

Niat awalnya memang mau lembur dengan tujuan lain, qadarullah jadinya lembur menunggu Sabiy yang sedang demam. Suhu terakhirnya 38.5 derajat celsius. Sedih! Super sedih! Orang dewasa saja jika suhu tubuhnya sepanas itu pasti amat sangat super enggak enak. Apalagi bayi!

Beberapa hari ini suhu tubuh Sabiy memang enggak stabil sih. 2-3 hari terakhir di Bandung suhu tubuhnya juga sempat naik turun. Hipotesis sementara karena ia sedang tumbuh gigi. Ketika masih di Bandung minggu lalu, dua gigi bawah sabiy dan satu gigi atasnya sedang tumbuh. Biidznillah, minggu ini 1 gigi atasnya menyusul tumbuh. Jadi, ada 4 gigi Sabiy yang sedang tumbuh. MasyaAllah…..

Dan ternyata demam tidak disebutkan dalam gejala-gejala tumbuh gigi di atas. Aku dan ibunya berfikir keras tentang kemungkinan lainnya. Pupnya selalu diperiksa dan tidak ada yang mencurigakan (artinya normal).

Ikhtiarnya: berdoa pada Allah, minum ASI , minum air zam-zam, tubuhnya diolesi minyak zaitun, dikompres handuk hangat dan byebye fever, skin-to-skin dengan ibunya.


Syafakallah Sabiy, Laa basa’ thohurun InsyaAllah.

Love you much much much
Teyze Key

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s