Doa Seorang Ibu

doa mustajab

Frau Licht, ummahat favoritku yang seusia dengan Mom. Aku memang menganggapnya seperti ibuku sendiri, ia pun sebaliknya menanggapku seperti anaknya sendiri. Kami cukup kompak, memiliki passion yang sama: olahraga, kesehatan, parenting, memasak dan dunia pendidikan tentunya. Itu membuat kami tak pernah kehabisan topik. Sebulan sekali biasanya aku menginap di rumahnya, lalu kami mengobrol sampai malam, sampai kami tertidur karna benar-benar mengantuk bukan karna kehabisan topik. Frau Licht merupakan tempat curhat yang oke, selalu memberikan solusi bijaksana. MasyaAllah….aku bersyukur memilikinya dalam hidupku.

So, siang itu, di pertemuan-super-singkat-dan-urgent-hingga-membuat-kami-kepepet-curhat-di-jalan, aku bertanya padanya:

“Bagaimana menurutmu tentang seorang anak (perempuan) yang merahasiakan sesuatu pada ibunya padahal itu merupakan hal yang cukup penting dalam hidupnya? Maksud puterinya sih jika hal itu akan mengecewakannya maka ia tidak akan melihat ibunya juga kecewa karna ibunya tak pernah tahu tentang masalah itu.”

Lalu Frau Licht pun dengan bijak menyampaikan pendapatnya,

“Sebagai seorang ibu yang memiliki 5 anak perempuan, aku memiliki pengalaman akan hal ini. Kau tahu, seorang ibu memang selalu ingin mengetahui segala sesuatu yang terjadi pada anaknya. Tidak ada maksud lain kecuali ia ingin mengetahui bahwa anaknya baik-baik saja, apapun yang terjadi.

Tentu saja siapapun akan baik-baik saja dalam kebahagiaan. Tapi yang lebih penting, seorang ibu harus memastikan bahwa anaknya bisa tetap baik-baik saja dalam kekecewaan.

Anak mungkin saja bisa lupa untuk mendoakan ibunya. Tapi kami tidak. Dalam aktivitas apapun aku selalu ingat anak-anakku, terutama jika mereka sedang dalam kondisi yang membutuhkan dukungan dan doa.

Doa merupakan senjata hebat kami. Kami bisa melakukannya di mana saja, ketika kami sedang memasak, hendak tidur, berjalan, setelah shalat, belanja, berwudhu, mencuci baju, kapanku kami selalu teringat anak-anak. Kami berharap kalian baik-baik saja dan dimudahkan selalu urusannya oleh Allah Ta’ala.

Jadi, keingintahuan kami juga didorong alasan supaya kami bisa mendoakan kalian dengan detail. Doa seorang ibu merupakan doa yang mustajab. Apa kau lupa? Ibu memang bisa terbawa sedih ketika kamu kecewa, tapi yang harus diingat adalah bahwa (dengan pertolongan Allah) ibu bisa lebih kuat darimu dan bisa membuatmu lebih kuat.”

MasyaAllah, mendengar apa yang disampaikan Frau Licht kurasa siapapun ingin segera pulang untuk menemui dan memeluk ibunya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda,

“Ada tiga doa yang mustajab dan tidak diragukan, doa orang yang teraniaya, doa orang yang sedang bepergian dan doa orangtua atas anaknya.” (HR. Abu Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, dihasankan oleh syaikh Al Albani dalam Shohih dan Dho’if Sunan Abu Daud hadist no. 1536)

referensi: http://muslimah.or.id/pendidikan-anak/akhlaq-untuk-buah-hati.html

image source: http://imagesci.com/tulip-wallpaper-15935-hd-wallpapers.html

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s