Aside

APRIL MOP, HARI MELEGALKAN DUSTA

Bismillah. Assalamu’alaikum.

Hari ini banyak yang Menghalalkan Dusta. Iya… katanya hari ini adalah hari April Mop. Padahal dusta adalah dosa besar walau bercanda.

Lelucon yang dibuat pada 1 April (April Mop) adalah lelucon yang penuh kedustaan. Intinya hanya ingin membuat orang lain tertawa karena kebodohan org lain. Dan ini pun menyakiti dan menakut-nakuti orang yang dicandai. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,
“Celakalah orang yang berbicara kemudian dia berdusta agar suatu kaum tertawa karenanya. Kecelakaan untuknya. Kecelakaan untuknya.” (HR. Abu Daud no. 4990 dan Tirmidzi no. 2315. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Lihatlah orang yang membuat cadaan, lawakan dikatakan celaka. Apalagi berdusta hanya untuk sekedar lucu-lucuan. Kadang ada candaan dan lelucon yang dibuat dengan cara mengambil lalu menyembunyikan barang orang lain. Ini juga dilarang. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda,
“Tidak boleh seorang dari kalian mengambil barang saudaranya, baik bercanda maupun serius.” (HR. Abu Daud no. 5003 dan Tirmidzi no. 2160. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Jadi.. Orang yang mengambil hendaklah mengembalikannya.
“Siapa yang mengambil tongkat saudaranya, hendaklah mengembalikannya.” (HR. Abu Daud no. 5003)

Membuat orang lain takut walau maksudnya bercanda, tetap bukan termasuk hal yang diperbolehkan.

Pernah di antara sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berjalan bersama beliau, lalu ada seseorang di antara mereka yang tertidur dan sebagian mereka menuju tali yang dimiliki orang tersebut dan mengambilnya. Lalu ia pun khawatir (takut). Lantas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Tidak halal bagi seorang muslim menakut-nakuti muslim yang lain.”(HR. Abu Daud no. 5004 dan Ahmad 5: 362. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Kita dulu mungkin pernah melakukannya. Sengaja menyembunyikan sendal temannya di masjid . Ketika ia keluar, ia pun kebingungan. Nah, ketika sudah pada puncak kebingungan setelah sejam mencari, barulah barang miliknya dikembalikan. Hal ini tidaklah dibolehkan.

Dan banyak contoh kelakuan yang hanya dlm rangka ‘Ngejailin’ teman. Yang dahulu pernah melakukan seperti itu, maka minta maaflah pada saudaranya dan banyaklah bertaubat.

Syaikh Muhammad bin Sholeh Al ‘Utsaimin rahimahullah berkata, “Berbohong atau menipu orang lain termasuk dosa besar.”

Karena dalam hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sampai berlepas diri dari pelakunya. Hal seperti ini merupakan tanda bahwa yang dilakukan adalah dosa besar.” (Fathu Dzil Jalali wal Ikram, 9: 265).

Beliau juga berkata bahwa berbohong dalam segala sesuatu termasuk dosa besar.
So.. April mop sudah sangat jelas tidak perlu dirayakan. Tanpa kita menilik pada sejarah munculnya perayaan ini.

Intinya seorang muslim tdk boleh melegalkan bohong & dusta pada tiap hari kehidupannya… termasuk hari ini.. yang katanya April Mop.

Semoga bermanfaat.

Ditulis oleh Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal via artikel@muslimindo.

chirpstory.com/li/197502

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s