Flu Attack

130520148236

Apakah kau sering atau setidaknya pernah ditanya: “Apakah kau memiliki penyakit bulanan?”
Penyakit bulanan yang dimaksud di sini adalah penyakit yang selalu kambuh ketika seorang perempuan (akan) mendapati “periodenya”. Ini memang pertanyaan khusus untuk kaum perempuan.

Well… sebenarnya setiap perempuan memiliki gejala tersendiri sebagai reaksi dari menurunya kondisi kekebalan tubuhnya menjelang menstruasi, contonya diantaranya adalah: sakit perut, kram perut, sariawan, diare, gusi bengkak dan lain sebagainya.

Untuk beberapa tahun belakangan ini, alhamdulillah aku bisa menanganinya atas izin Allah. Caranya dengan menjaga kesehatan: menjaga asupan makanan dan berolahraga. Khususnya beberapa hari menjelang menstruasi yang rawan diserang penyakit. Pada hari-hari tersebut seharusnya aku lebih disiplin!

Sebagai alibi, bulan ini terjadi banyak hal baru dalam hidupku sehingga itu menjadi PR tersendiri sekaligus cobaan untuk food combining-ku, haha… alasan! Padahal intinya aku sedang tidak disiplin food combining, terlalu banyak makanan/minuman ‘olahan’ yang masuk ke dalam tubuhku akhir-akhir ini.

Dan hasilnya: voila… aku nge-drop minggu ini. Alhamdulillah alaa kulli haal…

Teringat Ibnul Qayyim dalam kitabnya berkata yang intinya, “jika kau sakit karna apa yang kau makan, maka salahkan dirimu sendiri.”

Yup, it’s so true! Karna aku telah mengetahui dampaknya bagi tubuhku.

Do cheat-day everyday was so not me, actually. *alibi*
But in fact, I did it! Pasta, kopi, roti-selai, roti-keju, susu, sarapan rendang dan kue susu, bubble tea, rootbeer with float dan sejenisnya. Belum lagi akhir pekan lalu aku menjalani perjalanan dari dan ke J-Town – S-town.

Jadi wajar saja sih kalau minggu ini aku diserang flu berat!

Dalam 4 tahun terakhir ini (terhitung aku melakukan food combining), aku tidak minum obat kimia apapun ketika sakit. Aku membiarkan tubuhku sembuh dengan hal-hal alami seperti contohnya madu, habbats, kurma, minyak zaitun, jamu dan sejenisnya. Waktu yang diperlukan memang agak lebih lama daripada minum obat kimia.

Sakit kali ini berbeda. Karna tuntutan peran pekerjaan yang bersosialisasi dengan banyak anak, yang aku pikirkan kali ini adalah “Aku harus cepat sembuh!”. Bekerja dan beraktivitas pun tidak optimal, agak sedih juga rasanya.

Dulu, sebelum menjadi food-combiners jika aku flu maka aku meminum Rhinos SR. Harganya memang lebih mahal, tapi reaksinya cepat, 2 sampai 3 hari insyaAllah berhenti meler.

Finally, aku minum Rhinos SR (sekarang harganya Rp.28.500/5 kapsul) dan FG Troches untuk mengobati penyakit tenggorokan yang menyebabkan suaraku hampir menghilang (Rp.12.500/strip).
Selain dua obat itu, aku masih minum jeniper+kecap dan makan kencur. Repeat: MAKAN KENCUR. Rasanya: pedas dan tidak terlalu menyenangkan.

Banyak pesan moral yang aku dapat dari sakit flu seminggu ini.

  1. Jaga kesehatan sebelum sakit.
  2. “Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. Asy Syura: 30).
  3. Ibnu Katsir rahimahullah berkata, “Wahai sekalian manusia, ketahuilah bahwa musibah yang menimpa kalian tidak lain adalah disebabkan karena dosa yang kalian dahulu perbuat. Dan Allah memaafkan kesalahan-kesalahan kalian tersebut. Dia bukan hanya tidak menyiksa kalian, namun Allah langsung memaafkan dosa yang kalian perbuat.”
  4. “Tidaklah seorang mukmin tertimpa suatu musibah berupa rasa sakit (yang tidak kunjung sembuh), rasa capek, rasa sakit, rasa sedih, dan kekhawatiran yang menerpa melainkan dosa-dosanya akan diampuni” (HR. Muslim no. 2573).

Semoga dengan penyakit ini, Allah mengampuni dosa-dosaku. Aamiin….

Jazakillah Khayr untuk Dr. Ufonearth yang setia menemani pasien manja ini 🙂

Leave a Reply

